Pusat Hosting Hosting dan domain murah

Google Play Musik dihentikan dan digantikan YouTube Music

Layanan Google Play Musik (GPM). Merupakan Platform streaming musik, yang dikelola oleh Google. Pada Agustus 2020, Google telah mengumumkan. Bahwa layanan Google Play Musik akan dihentikan secara bertahap hingga akhir tahun dan akan digantikan dengan YouTube Music dan Google Podcasts.

Bagi pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Play Music, sebagai tempat streaming musik.

Aplikasi Google Play Music juga menjadi aplikasi bawaan smartphone android. Sebagai pemutar lagu yang tersimpan di smartphone secara offline.

Pada awal tahun 2021. Aplikasi Google Play Musik telah resmi dihentikan dan benar-benar tidak bisa digunakan. Jika aplikasi GPM dibuka akan menampilkan halaman pemberitahuan Google Play Musik tidak tersedia lagi. Seperti pada gambar dibawah ini.

Google Play Musik dihentikan dan digantikan Youtube musik
Halaman aplikasi Google Play Musik

Bahkan bukan hanya aplikasi Google Play Music saja yang tidak dapat digunakan. Situs music.google.com. Juga sudah tidak tersedia lagi. Jika diakses akan muncul halaman imbauan untuk beralih ke YouTube Music.

Google Play Musik dihentikan dan digantikan Youtube musik
Halaman music.google.com

Walaupun saat ini aplikasi GPM masih tersedia di play store. Namun seiring berjalannya waktu ada kemungkinan aplikasi GPM akan menghilang dari toko aplikasi play store.

YouTube Music

YouTube Music merupakan layanan streaming musik yang mirip Spotify. Layanan ini memiliki fungsi yang serupa dengan GPM.

Hal ini menjadi alasan Google untuk menghentikan layanan GPM dan beralih ke YouTube Music, karena memiliki fungsi yang identik.

YouTube Music bisa diakses secara gratis namun akan ada iklan yang tayang. Untuk akses YouTube Music tanpa iklan dengan cara berlangganan.

Saat ini untuk berlangganan YouTube Music Premium Di Indonesia. Google mematok harga sebesar Rp 49.000 per bulan.

YouTube Music memiliki banyak fitur-fitur yang tidak kalah menarik dengan Google Play Musik dan ada banyak pilihan lagu yang bisa di dengarkan.

Namun sangat disayangkan, YouTube Music kemungkinan besar tidak akan mendukung bitrate 320kbps. Karena, Google telah mengatakan, tidak punya rencana untuk menawarkan bitrate lebih tinggi dari 256kbps.

~~~~~

Saya membahas topik ini telat 4 bulan dan sudah banyak yang membahasnya. Tapi tulisan ini saya buat sebagai dokumentasi agar bisa dibaca dikemudian hari untuk mengenang Google Play Musik sekalian belajar menulis.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *